CMMS

Falcon Computerized 
Maintenance Management System

garis

Preventive Maintenance

Preventive Maintenance adalah sistem penjadwalan pengecekan dan perbaikan mesin yang dilakukan secara periodik, yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan yang parah sehingga dapat menggangu aktivitas produksi.

Melalui pemanfaatan prosedur Preventive Maintenance yang baik, dimana terjadi koordinasi yang baik antara orang-orang produksi dan maintenance maka :

  1. Kerugian waktu produksi dapat diperkecil
  2. Biaya perbaikan yang mahal dapat dikurangi atau dihindari
  3. Kondisi mesin akan lebih terkontrol

 

Downtime Trouble

Downtime Trouble adalah system untuk mencatat semua kerusakan yang terjadi. Dengan adanya system Downtime Trouble  semua informasi mengenai kerusakan mesin akan dapat diketahui. Informasi yang dapat diketahui antara lain :

  1. Waktu kerusakan mesin
  2. Sparepart yang digunakan untuk perbaikan
  3. PIC maintenance yang mengerjakan
  4. Big Trouble 

  

Trouble History

Salah satu feature yang ada di Falcon CMMS adalah Trouble History. Dengan adanya Trouble History informasi yang dapat diketahui antara lain : 

  1. Semua informasi kerusakan yang pernah terjadi di setiap mesin dapat diketahui secara cepat dan akurat
  2. Total waktu kerusakan yang pernah terjadi di setiap mesin.
  3. PIC Maintenance yang pernah memperbaiki kerusakan dan waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki kerusakan tersebut dapat diketahui secara cepat dan akurat
  4. Informasi mengenai Sparepart yang pernah di gunakan untuk mengganti sparepart yang rusak

 Dengan adanya Trouble History maka dapat dilihat kerusakan-kerusakan yang sering terjadi sehingga dapat dimasukan ke dalam Preventive maintenance yang bertujuan untuk dapat mencegah kerusakan tersebut terjadi.

 

Machine Barcode

Falcon CMMS memiliki fasilitas untuk mencetak barcode. Semua machine yang ada diperusahaan akan di tempel barcode, sehingga untuk memperoleh informasi mengenai mesin tersebut bisa dilakukan dengan cara scan barcode tersebut dan informasi yang dibutuhkan akan segera ditampilkan dengan cepat dan akurat.

 

Machine Setting

Feature Machine Setting yang ada di Falcon CMMS sangat membantu PIC maintenance dalam proses memperbaiki kerusakan mesin yang terjadi. Machine Setting memberikan informasi :

  1. SOP cara membongkar sparepart pada mesin
  2. SOP cara memasang sparepart pada mesin
  3. SOP cara setting mesin sehingga siap untuk digunakan

Semua informasi yang ada di Machine Setting dilengkapi dengan gambar sehingga akan sangat mempermudah PIC maintenance untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada mesin.

 

Production Backup

Feature Production Backup digunakan untuk menjadwal PIC maintenance yang bertugas di beberapa department dan shift baik pada hari kerja maupun pada hari libur. 

Production Backup juga memungkinkan untuk mencatat change day. change day biasanya dilakukan PIC maintenance jika pada saat hari libur melakukan backup produksi maka akan dilakukan change day untuk mengganti hari libur tersebut.

 

 




 

tumblr tracker

View My Stats